Waduk PLTA Ir. P.M. Noor (Riam Kanan) di desain untuk melayani 3 buah turbin franchise berkapasitas 3 x 10 MW dengan rated head sebesar 39,8 meter. Batasan operasi elevasi air waduk/Duga Muka Air (DMA) Waduk Riam Kanan adalah 53,00 m dan 59,86 meter. Dibnawah angka 53,00 meter maka turbin PLTA Riam Kanan sama sekali tidak boleh dioperasikan dan diatas angka 59,86 meter maka air waduk akan mulai melimpas/spill out.

Pelimpasan ini sangat penting bagi keamanan dan keselamatan istalasi PLTA Riam Kanan sendiri, terutama keamanan bendungan/dam-nya. Dam PLTA Riam Kanan adalah dam berjenis urugan tanah/earth fill yang dipadatkan, dimana permukaan di bagian hulu/upstream-nya dilapisi dengan urugan batu gunung/rip rap dan di bagian hilir/downstream-nya ditutup dengan tanaman rumput sebagai penguat dan penahan air.

Apabila waduk tidak didesaian untuk dapat melimpas, apabila terjadi hujan yang terus-menerus dalam jangka waktu yang lama maka DMA waduk akan terus meningkat dan dalam kondisi ekstrim (tapi bukan berarti tidak mungkin) seluruh badan bendungan/dam akan terendam air. Apabila hal ini terjadi maka dam akan menjadi lunak dan bebrapa waktu kemudian dam akan bobol/jebol. Mengingat volume waduk Riam Kanan  sebesar 772 juta meter kubik maka akan terjadi bencana banjir besar yang melanda wilayah kota Martapura dan Banjarbaru..! Tidak terbayangkan korban jiwa dan harta yang akan timbul.

Untuk mengantisipasi semua itu maka Waduk Riam Kanan dilengkapi dengan dua buah pengaman pelimpas, yaitu:

  1. Service Spillway, berupa:

Type : Morning Glory
Kapasitas : 500 m3 / detik
Diameter Tunel : 6 m
Panjang Tunel : 245 m
Batas Minimal Kerja : EL 59,86 m

2. Emergency Spillway, berupa:
Type : Terbuka (Open Tunnel)
Kapasitas : 250 m3 / detik
Batas Minimal Kerja : EL 63,00 m

Oleh pengaman tersebut maka kelebihan air waduk akan dibuang menuju tail race dan bersatu dengan air buangan dari turbin.

Seiring dengan semakin menurunnya kualitas tutupan vegetasi di Daerah Aliran Sungai (catchment area) Waduk Riam Kanan maka peristiwa pelimpasan air waduk semakin sering terjadi. Hampir setiap tahun selalu terjadi peristiwa pelimpasam waduk. Salah satu pelimpasan terbesar terjadi pada tahun 2006 yang lalu. Pelimpasan mulai terjadi pada tanggal 15 Juni 2006 pukul 21.00 WITA dan berakhir pada tanggal 16 Juli 2006 pukul 04.30 WITA. Pada puncak pelimpasan DMA waduk sampai mencapai 62,43 m..! Dampaknya sangat hebat, yaitu:

  • Dinding sisi kanan dan kiri tail race longsor (desain service spillway-nya mungkin patut dipertanyakan, kenapa mulut pembuangan-nya terlalu dekat dengan power house..).
  • Hampir semua karamba/jala apung budidaya ikan di sepanjang buangan sungai Riam Kanan di Kecamatan Aranio dan Karang Intan habis tersapu banjir dari limpasan waduk..!
  • Banyaknya perumahan penduduk di sepanjang hilir sungai yang terendam air.

Berikut ini beberapa potret yang berhasil terekam:

Grafik pelimpasan 2oo6:

limpas-2006

Mulut Morning Glory:

1

Tunnel Service Spillway:

2

Semburan 1:

31

Semburan 2:

4

Dinding Tail Race Longsor:

6

Perumahan Penduduk Terendam Banjir:

7

Pembersihan Emergency Spillway:

8

GM PLN Wil. Kalsel&Kalteng (Bp. Ari Agus Salim) Meninjau Emergency Spillway:

91

Pemeriksaan Dam setelah Banjir Besar:

10

5 Tanggapan to “Limpasan (Spill Out) Waduk”

  1. Joao boavida ximenes alves Says:

    Ass…mat malam
    Dear:
    saya sangat tertarik dengan pembangkit listrik tenega air mikrohidro…
    saya seoran warga asing TIMOR-LESTE kuliah di UNIV.WIDYAGAMA MALANG FAK.TEK JUR.ELEKTRO /ENERGI LISTRIK SEKARANG SAYA AMBIL JUDUL SKRIPSI PERENCANAAN MIKROHIDRO SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR…TOLONG BAPAK BERI RUMUS-RUMUS DEBIT AIR DAN DASAR-DASAR MIKROHIDRO LEH NGAK PAK…..
    SIAPA TAU SUATU NANTI NEGARA BARUKU TIMORLESTE BANGKIT LISTRIK TENAGA AIR SAYA BISA MENGHUBUNGI BAPAK SEBAGAI….DIREKTOR PELAKSANAAN DI NEGARA BARU SAYA TIMOR-LESTE….

    1. mazelisonk Says:

      terimakasih telah mampir,,
      untuk rumus-rumus dan metode survei potensi mikrohidro yang kami pakai adalah sederhana saja.
      Silahkan dibaca di link berikut:

      http://mazelisonk.wordpress.com/mikrohidro-di-kalimantan/

      Terimakasih.

  2. yuli Says:

    asslammualaikum wr wb

    saya yuli astuti kuliah STIPER KUTAI TIMUR Fakultas Tehknologi pertanian,penelitain saya tentang judul PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN METODE KINCIR AIR SEBGAI SARANA KEMAJUAN MASYARAKAT KUTIM.,, sya melihat disini pembangkit listrik masih menggunakan solat,,, rencana saya pengen meniliti tentang itu,,,,tapi saya tanyakan bisakan sungai dengan debit 150 joule/menit tuk pembangkit listrik dengan kicir air,dengan debit air tersebut,,,…???

    1. mazelisonk Says:

      Memang slama ini di daerah luar jawa untuk membangkitkan listrik kebanyakan masih menggunakan mesin yang menggunakan bahan bakar solar.
      Salah satunya disebabkan untuk membangun instalasi mesin diesel diperlukan biaya yang tidak terlalu mahal (dibandingkan membangun PLTA/U), juga cukup cepat masa pemabangunannya.
      Namun biaya operasional mesin diesel sangat sangat mahal, sangat tidak ekonomis.

      Nah, untuk menagatasi hal tsb salah satunya perlu diperbanyak pembangunan listrik mikrohidro di daerah-daerah yang mempunyai potensi.

      Secara sederhana perhitungan listrik mikrohidro dapat dilihat di sini:

      http://mazelisonk.wordpress.com/mikrohidro-di-kalimantan/

  3. Ahmad Tasnim Says:

    Assamuaikum wr.wb

    Saya Ahmad Tasnim kuliah di Magister Teknik Sipil konsentrasi Sumber Daya Air Undip Semarang, sekarang mengajukan proposal tesis dg Judul ” PENYUSUNAN RULE CURVE WADUK DENGAN MENGGUNAKAN
    MODEL PROGRAM DINAMIK DITERMINISTIK WADUK RIAM KANAN ” dengan ini memohon untuk dapat diberikan data diantaranya Data Debit Banjir bulanan, data Hujan Bulanan kurun waktu 15 Tahun.

    Demikian kiranya permohonan ini disampaikan, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.